Persoalan dan tantangan teratasilah oleh hikmat dari Tuhan, wujudkan sosok yang benar

Sabtu, 13 September 2014

Ngerjain Tugas ding ... !!!

Hari ini kebetulan ada inspirasi dikit waktu siap nongkrong ngopi ama Mero dan Roni, jadi tadi sempat blank otak mau nulis apa biar tetap ada isi ini blog. Nah pas dijalan ada aja sih inspirasi haha thanks God.

Tugas  tugas dan tugas. Kata-kata itu ga lepas dari status kita semua yang masih duduk dalam bangku pendidikan. Yaaa SD SMP SMA ampe kuliah. SD mungkin tugas masih santai dalam bentuk PR. Kemudian SMP itu uda mulai agak naik level. SMA nah uda mulai tangan nulis-nulis terus apalagi pas aku dengerin curhatan adik-adik yang sekarang merasakan kurikulum 2013. Belum lagi yang namanya bangku kuliah beeeuuuhhh segala jenis tugas ada rupa dan macam. Beta pun malas saja liat nya abaaa'.

Status aku dan Mero yang kebetulan adalah mahasiswa tua di kampus kami uda semester 9. Bukan kami berdua aja banyak sih haha. Nah di semester yang tergolong tua dikampus ini apalagi dalam ngambil gelar S1, tugas yang menanti kami yaa penyusunan skripsi huhu. Nah ini bukan cuma kami berdua aja sebenarnya berlaku buat semua yang merasa siswa dan mahasiswa, bahwasanya mengerjakan tugas itu sudah merupakan kewajiban kita sebagai seorang terdidik. Mau tugas kecil tugas besar sama saja itu harus dikerjakan.

Sebenernya sih aku kurang setuju ama metode pendidikan Indonesia yang guru-gurunya banyak kasih tugas. Yaiyalah kita pulang sekolah lagi capek terus ada tugas dari sekolah yang menunggu.Ya kalo Cuma satu, kalo banyak ???? Itu baru dari satu pelajaran. Kalo satu hari ada 3 pelajaran?? Nah loh apalagi tuh bisa pening otak. Apalagi siswa-siswa sekarang dihadapi dengan yang namanya UAN. Tiap tahun ditingkatkan levelnya nah loh. Jadi ga heran sih kalo banyak yang ikutan bimbel, yaaa meskipun aku ga yakin deh itu ‘bimbel’ ato bimbel. Jadi kembali lagi pulang sekolah tugas menunggu, nanti setelah itu ada bimbel lagi matematika lah bahasa Inggris. Eeeh jangan salah bukan siswa aja mahasiswa juga ada loh yang bimbel beneran serius.

Nah.. dari gambaran itu aja uda Nampak kalo setiap hari kita terbeban dengan sistem pendidikan seperti ini. Jadi tadi aku bbm-an ama Novi, ya dia junior di gereja dan dia comel cakep cantik sreeeep laaa pokoknya hhaha. Puji Tuhan ada yang bening di gereja hahah. Jadi dia ngeluh kalo otak dia tu uda stress gegara cara pendidikan sekarang tugas ketemu tugas ketemu tugas. Untung aja dia ga ada ikutan bimbel. Kebayang ga kalo dia yang ga ada kegiatan tambahan aja uda stress apalagi yang orangtuanya suruh ikut bimbel ini itu. 

Finlandia adalah Negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Nah berkaca dari sana seperti apa gambarannya, ternyata tidak ada yang namanya PR dan tidak ada yang namanya seragam. Semua normal hanya seperti privat saja tapi kenapa mereka sistem pendidikannya bagus? Ya itu karena otak nya tidak dipaksa. Bayangin aja mesin dipaksa kerja  terus ya inti mesin kelamaan overload. Ga bisa lagi menerima perintah sehingga seluruh badan jadi performa turun drastis. Sama ding kayak di Indonesia.

Tapi kembali ke awal terlepas dari pro dan kontra sistem pendidikan itu sendiri, tugas itu adalah kewajiban kita. Ga Cuma siswa ato mahasiswa, orang kantoran juga. Nah tugas itu ada yang gampang, agak gampang, agak susah, susah, susah banget dan segenap kru yang  lainnya. Meskipun terdiri dari level-level nya yaaa kudu dikerjakan.

Kadang kita sebagai manusia normal dan penuh khilaf, mempunyai kelebihan di sifat malas. Malas itu menjadi sifat alami yang kita tiap individu punya. Nah, yang namanya tugas itu kan harus dikerjakan jadi kalo malas merajai? Ya mau ga mau dari sekarang harus belajar yang namanya membuang rasa malas. Ada pribahasa ‘dikit-dikit lama-lama bukit’ , ya itu tugas kalo kita tumpuk terus tumpuk terus yaaa jadi bejibun juga. Sebisa mungkin tugas  itu langsung dikerjakan mau mudah kek mau susah ya kerjain aja dengan bener-bener dan sesegera mungkin dikerjakan. Toh nanti enak sendiri didepan kalo tugas ga ada numpuk waktu jadi banyak luang bisa dah hangout bareng. Jangan mentingkan hangout dulu baru tugas.

Nah kemudian ada juga namanya prioritas. Maksud nya yang mana penting itu dulu yang dikerjakan? Yaaa bisa sih tapi ada makna lain menurutku. Tiap kita masing-masing ada agama, ya sebisa mungkin ketika mengerjakan sesuatu kewajiban agama jangan dilupakan. Contohnya aku nih dalam masa pembuatan skripsi, tapi ketika ada ibadah pemuda yaa tidak dilupakan karena dihalang tugas. Jujur aja aku dari dulu ketika ada yang mau dikerjakan tapi bentrok jam pasti dahulukan Tuhan. Ya apa yang kita buat sesulit apapun tapi kalo mencari Tuhan pasti dikasih jawaban. Untuk kawan-kawan agama lain juga ketika jam nya shalat yaa laksanakan pasti ada tuh jalan keluar. Intinya itu ora et labora.

Jadi ya itu intinya kalo ada tugas ya kerjain jangan numpuk, ga enak tau kalo belajar pake sistem kebut semalam ngerjainnya. Terlepas dari itu tugas yang diberikan ke kita dari guru ato dosen itu termasuk satu tanggung jawab. Untuk ngerjakan tanggungjawab kecil saja dalam bentuk PR gitu kita ga bisa gimana kalo dikasih tanggungjawab yang lebih besar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar