Persoalan dan tantangan teratasilah oleh hikmat dari Tuhan, wujudkan sosok yang benar

Jumat, 12 September 2014

Ini Musikku

Kata orang sih - kebanyakan - they love music, musik tu jadi ga bisa dipisahin. Anyway yaa emang bener. Percaya ga percaya musik tu bagian dari pribadi setiap orang. Sederhana aja coba mainkan musik dengan tempo upbeat yaa pasti kepala kita angguk-angguk dikit jadilah. Ato denger musik samba ato polka waaah itu bisa ngefeel banget nyatu ama badan.

Bersama rekan-rekan GP dan Aku pemain gitarnya
Jadi ceritanya kemaren ada yang nanya ama belajar gitar darimana. Oh iya sekedar kasih tau aja sih ya aku pemain gitar di gereja..

Jawaban sebenarnya santai aja, aku termasuk semi-otodidak dalam belajar musik. Gimana tu?? Ya dibilang berguru tidak, dibilang belajar sendiri tidak. Aku ingat bener waktu itu pertama kali aku ngikutin kegiatan yang namanya 'Retreat' di gereja. Waktu itu sih masih tingkatan Pelkat-PT alias remaja kalo digereja ku nyebut nya kek gitu. Jadi itu kelas 1 SMP dan aku cuma kenal playstation belum kenal gitar. Waktu itu pemain gitar di persekutuan ntuh yaa kak Wulan (info aja sekarang dia dokter gigi di Surabaya).

Jadi waktu itu aku bedua ama partner ku yg ampe sekarang masih setia berdua kami hahahak... duduk bareng kak Wulan iseng-iseng. Jadi disitu aku baru tau kalo Sendi (partnerku) rupanya bisa main gitar dasar. Jadi aku belajar sikit dan masih ingat banget aku ga diajarin kunci disuruh hapal kayak sekolah-sekolah sekarang kalo ngajar tapi langsung dibawa lagu. Lagu nya waktu itu Peterpan - Di Atas Normal . Pasti tau kan gampang noh cuma Am Em Am Em doang. Waktu lagi break kegiatan itu aku belajar cuma pindah atas bawah tapi kagak bisa. Ya tapi Puji Tuhan ga lama kemudian bisa ding.

Lalu yang berikutnya aku masih kaku cuma 2 kunci. Disekolah aku kenal ama Rollin Janson - info aja dia yang paling berperan dalam pembelajaran musikku - waktu itu kelas 2 SMP. Masih Peterpan tapi kali ini lagu Katakan Dengan Indah. Nah gitu jadi aku ga pernah belajar hapal kunci. Kemudian ketika PT ingin persembahan pujian hari minggu, kami ada latihan hari kamis, nah aku diajarin namanya grip gantung. Dan itu bisa dalam 3 hari karena gitarnya aku bawa pulang haha.

Sebulan kemudian masuk masa natal pertamaku di Pelkat-PT (waktu itu namanya BPK-PT ato Bidang Pelayanan Kategorial Persekutuan Teruna). Jadi waktu itu persiapan latihan, aku uda mulai tahu kunci C dan rekan-rekan seperjuangannya yang masih dalam satu Cord (C F G Am Em Dm). Aku coba lagu natal yang Gita Sorga Bergema berdua ama Alm. Mario. Coba coba coba coba akhirnya ketemu dan itulah lagu pertama yang aku ketemu sendiri kuncinya. Ketika perayaan pas drama natal ada adegan anak-anak yang nongkrong sambil main musik. Sendi ngajak aku waktu tu main gitar untuk 1 lagu singkat nah itu perdana aku main gitar di hadapan Jemaat.

Aku dan Sendi ini tahun 2012 waktu kami mulai klop
Mulai saat itu aku ama Sendi selalu main gitar berdua bahkan kami menjadi penerus kak Wulan di PT saat dia lulus dan kuliah di Surabaya. Di gereja aku main ama Sendi, di sekolah ama Rollin. Jadi begitu terus ampe kemudian Sendi harus  sekolah di kota lain. Jadi aku di Tanjungpinang tetap belajar ama Rollin. Ga lama waktu natal kemudian, Sendi yang liburan turun dan kami ingin persembahan pujian, buju buneng feel-in dia dalam melodi mantap bener, jadi sejak saat itu kami jadi partner gitar digereja dan ampe sekarang masih. Jadi kalo kegereja GPIB Bethel Tanjungpinang nanya ama jemaat siapa pemain musik pasti nama kami berdua disebut. 

Nah Sendi ga selamanya di Pinang, jadi waktu dia liburan taun berikutnya aku komit harus lebih bagus. Tapi kendalanya disini, taun ketiga aku bisa main gitar ketika natal sekolah, kami tidak ada Bass. Rollin dan aku berada di gitar, mau ga mau salah satu ngalah, waktu itu ak masih di mindset kalo bass itu paling belakang. Tapi pas nyoba dan belajar sedikit-sedikit aku tau band J-Rocks, L'arc~en~cieL , Funky Kopral.. aku nyadar Bass itu inti musik. Jadi aku dalemin selama natal. Jadi waktu Sendi pulang dia kaget pas Aku jadi Bassist haha. 

Jadi ketika mulai jadi Bassist Aku Sendi Varen Daren Freddy membentuk band namanya Gelletrix yang ampe sekarang kami ga tau artinya. Posisi aku masih gitar 2 waktu itu. Dan Sendi secara ngejutkan makin berkembang dia menjadi Drummer. Lama kelamaan ketika Freddy keluar, aku yang ngisi Bass. Tapi itu band iseng aja ga ada niat serius. Satu-satunya prestasiku yaa Juara 3 Pensi sekolah.

Ya gitulah awal mula kenal Bass, ga lama aku masuk di pelayanan GBI. Aku mendalami Bass disana. Ga ampe setahun aku keluar waktu itu ketemu Sendi pas dia lagi liburan karena uda siap Prola. Jadi kata-kata dia aku masih ingat 'Lek kita ni parah kali, di gereja orang aktif masa gereja sendiri ngak'. Itu karena waktu itu kami berdua tidak pernah ikutan Ibadah Pemuda. Dan Sendi waktu itu jadi Pemusik di GPDI, trus di Batam dia jadi pemusik juga di gereja lain. Singkatnya kami masuk Pemuda dan mulai jadi pemusik - ampe sekarang - dan kemudian disusul oleh Varen dan Cliff. Jadi Varen ini dulu vokalis kemudian berubah menjadi perkusi dan Drum. Cliff ini Keyboardist gereja. Nah waktu itu aku dan Sendi di ajak Varen untuk akustikan perdana kami di cafe KFN. Yang lucunya waktu itu kami bukan Homeband tapi tamu dan mc lebih suka kalo kami yang main musik disana haha
@KFN ketika perform pertama kali bertiga
Awal mula aku dan Sendi hanya bermain biasa dia melodi aku rhytm begitu terus ampe kami benar-benar yang namanya klop, yaa gimana tidak dia tau aku mau masuk ke kunci apa dan aku juga tau dia mau main melodi ke nada apa. Kami ngiring yang mau nyanyi di gereja. Dan saat itu aku juga belajar yg namanya suara alto dan tenor jadi bisa backing vokal sekalian. 

Awal kami jadi pusat musik itu saat tahun 2013 ibadah KKPI. 15 menit sebelum ibadah, aku dan Sendi di datangin ama majelis di suruh ngiring ibadah, padahal biasanya ngiring ibadah pemuda aja. Jadi waktu itu aku (gitar) Sendi (Bonggo) dan Cliff (Keyboard) kami bertiga yang ngisi ibadah itu hanya persiapan 15 menit padahal itu acara besar. Ternyata ya Puji Tuhan sukses banget. Ga nyangka aja kami bertiga klop. 

Sendi, Varen, Cliff, dan Aku Natal Pelkat GP 2013
Terus menerus waktu sampai la masa-masa natal. Disitu aku dan Sendi jadi ketua natal pemuda. Aku Sendi Cliff dan Varen kami makin klop dan kemudian sepakat kalo kesan sederhana tanpa ada musik wah luar biasa kayak di TV itu pasti bisa sukses. Jadi kami buat konsep musik sederhana modal pinjam-pinjam alat semua kecuali Keyboard dan Gitar akustik Sendi. Ternyata kami dilihat oleh KBST - Keluarga Besar Sangihe Talaud - yang waktu itu mau membuat natal gabungan Manado, Ambon, KWMT. nah disitulah kami mencoba lagi ber-4 dan itu lucunya mereka minta seminggu sebelum natal GP acaranya. Jadi ternyata sukses besar dan natal GP pun sukses besar haha.

Natal gabungan 
Jadi itu cerita perjalanan musikku, yaaaa emang masih sedikit sih tapi itu berkesan banget. Dan tahun ini mendekati masa natal 2014, aku dan Sendi uda komit bakal nyiptain lagu hhe,,, tunggu aja kalo kalian mau yang pasti taun lalu uda ada satu lagu yang aku buat ama Varen. Jadi momen natal tahun ini sekalian kami memperlihatkan hasil belajar musik kami yang semi-otodidak ini satu sama lain.

Ga perlu kita keluar uang banyak biar bisa jadi pemain hebat, ga perlu juga ketika nantinya punya skill malah dipamer-pamerkan. Kami bermain dengan tujuan have fun dan terbukti orang lebih menyukai yang seperti itu daripada yang meminta bayaran tinggi untuk memarkan kemampuannya. Yang kami cari cuma orang menikmati musik kami. Dan semuanya sepenuh hati terutama untuk Tuhan.

God Bless Us.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar